Tuesday, January 6, 2009

demi-kawasaki-

Demi Kawasaki, Bos Aspar Potong Liburan
Sabtu, 3 Januari 2009
Kabar gembira bagi Anda para penggemar MotoGP, khususnya Kawasaki. Perjuangan untuk menyelamatkan tim hijau itu mulai menunjukkan titik terang. Jorge Martinez, bos tim Aspar di kelas 125 cc, menyatakan telah berbicara dengan bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, untuk mempertahankan tim itu di kelas utama.

"Sebenarnya, saat ini saya sedang liburan. Namun, saya langsung mengakhirinya ketika mengetahui Kawasaki mengundurkan diri," kata Martinez sebagaimana dilansir Gazzetta dello Sport.

Legenda hidup grand prix motor asal Spanyol tersebut mengungkapkan terus berkomunikasi dengan Dorna dalam dua hari terakhir. Sejak Kawasaki dikabarkan mundur dari MotoGP, Dorna memang pihak yang paling sibuk untuk menyelamatkan tim hijau. Di tengah persaingan World Superbike yang semakin ramai, mereka tidak mau kontestan MotoGP malah menyusut menjadi 17 motor. Mereka pun siap memberikan subsidi kepada pihak yang bersedia melakukan buyout terhadap Kawasaki.

Martinez menjadi prioritas utama karena mereka memiliki sumber daya yang memadai untuk menjalankan satu tim MotoGP. Tahun lalu saja, mereka sebenarnya nyaris menjalankan tim satelit Kawasaki. Namun, kesepakatan yang sudah di depan mata batal karena pihak Kawasaki menuntut agar pembalap yang dipakai berasal Jepang, Shinya Nakano. Padahal, Martinez ingin pembalap asal Spanyol.

"Saya sangat tertarik untuk terjun di MotoGP. Sejak lama hal itu ada dalam rencana saya. Sekarang, saya mendapatkan kesempatan yang perinciannya belum saya ketahui. Masih akan pembicaraan. Kita lihat hasilnya nanti," paparnya.

Saat ini, Kawasaki telah memiliki dua pembalap, John Hopkins (AS) dan Marco Melandri (Italia). Meski dua pembalap itu tidak berasal dari Spanyol, sepertinya Martinez mau menerimanya. Alasan utamanya tentu saja karena mereka memiliki skill hebat.

Melandri yang pernah bersinar bersama Honda Gresini adalah salah seorang pembalap yang disukai Martinez. Sedangkan Hopkins memiliki kelebihan secara finansial dari sponsor pribadinya, sebuah perusahaan minuman energi asal Amerika, Monster. Dalam kondisi yang serbasulit seperti sekarang, dukungan dari sponsor itu tentu sangat dibutuhkan.

"Persoalan rider saat ini bukan prioritas. Pokoknya, saya tidak akan memiliki masalah dengan pembalap seperti Melandri. Saya sangat suka dengan dia," tegasnya.

MotoGP musim 2009 akan dimulai pada 12 April mendatang di Sirkuit Losail Qatar. Pengumuman resmi pengunduran diri Kawasaki akan dilakukan lusa (5/1). Karena itu, kepastian apakah Martinez yang nanti menjadi penyelamat Kawasaki akan segera didapat. (jpnn)

0 comments: