Tuesday, January 6, 2009

Membendung Rossi Prediksi MotoGP 2009

Minggu, 28-12-2008
Membendung Rossi
Prediksi MotoGP 2009

SIAPA yang bakal juara pada MotoGP 2009? Hampir semua pengamat menyebut Valentino Rossi masih sulit untuk disaingi pembalap lainnya. Dominasinya yang begitu kuat di musim 2008 setelah beralih ke ban Michelin, menunjukkan bahwa The Doctor memang sulit dikejar pembalap lainnya di musim 2009.

Bayangkan saja, aura perburuan juara motoGP 2008 bahkan sudah berhenti di lintasan Motegi, Jepang, pada GP ke 15, dari 18 seri yang digelar. Tak ada final pamuncak. Yang ada hanyalah juara dini, yang menunjukkan bahwa pembalap Fiat Yamaha ini memang masih terlalu superior.
Satu hal yang bisa mengganjalnya nanti hanyalah faktor kendaraan. Masalahnya, YZR-MI kini makin bertenaga dengan pneumativ Valves-nya. Belum lagi dukungan dari pemakaian ban tunggal Bridgestone, yang kentara sangat cocok untuk The Doctor.
Teknisi Rossi, Jerry Burgess bahkan berani menyebut baru pada lima tahun mendatang pembalap 29 tahun ini bakal tergeser dominasinya. "Lima tahun lagi, saya pikir itu cukup bagi Casey Stoner dan Jorge Lorenzo untuk memahami cara menyalip Rossi, dan Rossi sendiri pada usia di atas 30 tahun sudah tak sigap lagi kan," ujarnya di MCN beberapa waktu lalu.
Hasil uji coba terakhir di Jerez, makin menguatkan prediksi itu. Rossi mencatatkan waktu tercepat (1 menit 29, 429 detik).
Lantas, kira-kira siapa pesaing seriusnya? Pembalap Honda, Dani Pedrosa kini sedang naik daun. Dengan dukungan pneumatic Valves pada RC212V-nya, Pedrosa memang tampil menjajikan. Pada uji coba di Jerez ia menorehkan waktu 1 menit 39,447 detik. Masalahnya adalah konsistensi.
Penantang kuat kedua adalah Casey Stoner. Pada awal dan pertengahan musim 2008, pembalap Ducati ini seperti tak tersentuh. Sayang, stamina dan konsentrasinya menyurut justru pada sejumlah seri krusial. Ditambah lagi masalah cedera pergelangan tangan. Kini, ia mendapat tambahan semangat setelah Ducati sudah mulai merubah chasis-nya dengan carbon kevlar.
Penantang ketiga adalah Rookie of The Year 2008, Jorge Lorenzo. Begitu menjanjikan di awal musim 2008, namun terpuruk lantaran kerap terlibat tabrakan hingga tubuhnya hancur-hancuran. Stabilitas emosi jelas menjadi syarat agar ia bisa jadi penantang serius Rossi.
Dan penantang keempat rasanya pantas disematkan pada Nicky Hayden. Memakai Ducati, bisa jadi pembalap Amerika Serikat ini jauh lebih garang ketimbang saat bersama Honda. Terang-terangan Hayden kecewa dengan performa motor RC 212V. Dan bersama Ducati, ia pun mulai berani berkoar untuk meraih kembali gelar juara dunia.
Menarik melihat perjuangan empat pesaing ini untuk meredam dominasi The Doctor. Hal itu bisa mulai dilihat pada uji coba selanjutnya yang akan dilaksanakan di Sepang, Malaysia, Februari nanti sebelum memulai balapan yang sesungguhnya di Losail, Qatar, 12 April nanti.
So, pasti akan ada banyak cerita menarik yang mengelilingi perjuangan mereka meraih gelar juara di tengah pertarungan sengit sepanjang musim 2009 nanti. Masuknya nama-nama baru seperti Mika Kallio yang bergabung dengan Alice Team serta Sete Gibernau pasti akan semakin meramaikan persaingan tentunya. Mari kita tunggu.

0 comments: