Tuesday, January 6, 2009

Kata Rossi WSBK Lebih Seru

Kata Rossi WSBK Lebih Seru
Kamis, 01 Januari 2009
World Superbike Makin Ancam Popularitas MotoGP
ROMA (RP) - Kawasaki terancam mundur dari MotoGP. Kalau benar, maka hanya akan ada 17 motor di seri tersebut pada musim 2009 nanti. Inikah momen bagi World Superbike untuk mengambil alih status sebagai ajang roda dua paling bergengsi?

SITUASI ekonomi global yang sulit paling menghantam dunia balap. Di Formula 1, Honda sudah mengundurkan diri. Di World Rally Championship, Subaru dan Suzuki sudah cabut. Arena roda dua, yang sebenarnya lebih ‘ekonomis’ dari roda empat, krisis ikut mengancam. Tidak banyak yang tahu, tapi Honda telah menarik diri dari seri balap paling bergengsi di Amerika Serikat, AMA.

Dan terakhir, Kawasaki terancam mundur dari MotoGP. Masih belum pasti memang, tapi tanda-tandanya demikian. Pengumuman resmi baru akan disampaikan pada Senin, 5 Januari 2009.

Kalau sampai Kawasaki mundur, maka MotoGP bisa dibilang menghadapi krisis. Sekarang saja, hanya ada 19 motor yang tercatat berlaga pada musim 2009 nanti. Tanpa Kawasaki, maka nama John Hopkins dan Marco Melandri bisa dicoret, memperkecil jumlah peserta menjadi hanya 17 motor.

Dan siapa tahu, mundurnya Kawasaki ikut memicu pabrikan lain untuk ikut mundur, atau minimal memperkecil partisipasi di arena MotoGP. Itu semua bisa semakin memperkecil lagi jumlah peserta musim 2009.

Bisa dipastikan, saat ini pihak penyelenggara MotoGP bekerja keras untuk menjaga para partisipan (dan menjaga gengsi). Sementara mereka garuk-garuk kepala mencari cara, para pesaing’ mungkin tersenyum.

‘Pesaing’ yang dimaksud adalah World Superbike alias WSBK.
Selama ini, WSBK juga sudah menjadi kejuaraan dunia yang bergengsi. Pembalap-pembalapnya pun bisa dibilang sama kelasnya dengan MotoGP, bahkan mungkin lebih tangguh dan berpengalaman.

Hanya saja, WSBK masih dianggap sebagai nomor dua. Alasannya, motor-motor yang dipakai bukanlah motor balap murni seperti MotoGP. Melainkan motor-motor jalanan (production based) yang dimodifikasi untuk balap. Kalau MotoGP itu Formula 1, maka WSBK itu seperti balapan touring car (berbasis sedan).

Kalau jumlah peserta MotoGP terus menyusut, maka peserta WSBK masih bertambah. Setiap lomba diikuti oleh lebih dari 25 motor. Andai Kawasaki juga mundur dari WSBK, seri balap itu juga tidak pusing.

Sebab, musim depan mereka pasti kedatangan pabrikan baru yang bergengsi BMW dan Aprilia.

Dan kedua pabrikan itu tidak sekadar coba-coba. BMW benar-benar serius menurunkan motor S1000RR, dengan pembalap kenamaan Troy Corser dan Ruben Xaus. Bahkan, mereka pasang target langsung masuk lima besar pada musim 2009.

Kedatangan pabrikan besar baru ini biasanya akan dibarengi pula dengan kampanye marketing khusus. Tentu saja, ini akan membantu mendongkrak popularitas WSBK.

Yang lebih menyakitkan buat MotoGP, pujian untuk WSBK sudah muncul dari bintang balap terbesar di dunia, Valentino Rossi. Meski sudah mendominasi MotoGP, dan tidak akan meninggalkan MotoGP dalam beberapa tahun ke depan, Rossi telah bilang bahwa WSBK mungkin lebih menyenangkan.

Kata Rossi, seperti dilansir Motorcycle News, WSBK lebih seru untuk ditonton, lebih sulit diprediksi. Di sisi lain, MotoGP kadang berlangsung seperti prosesi, tidak ada banyak persaingan di depan.***

0 comments: