Friday, November 21, 2008

Pengda IMI Jawa Timur Gelar Kejurnas Drag Bike

Pengda IMI Jawa Timur Gelar Kejurnas Drag Bike

suarasurabaya.net| Pengurus Daerah (Pengda) Jawa Timur Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) seri terakhir Drag Bike dan Drag Race, 8-9 November 2008.

BAMBANG HARIBOWO Ketua Bidang Olahraga Pengda IMI Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Rabu (05/11), Kejurnas ini akan diikuti 150 peserta untuk mobil dan 300 untuk motor. ”Pembalap Drag Bike nasional seperti EKO, MARCEL memastikan diri ikut sedangkan di Drag Race tampil DEDI Jepang, RIZKY dan KOMANG,”ujar BAMBANG.

Seluruh kegiatan untuk Kejurnas, ungkap BAMBANG, dipusatkan di sirkuit eks Bandara Juanda lama. Kelas yang dilombakan untuk Drag Bike, diantaranya, bebek 2 tak tune up 125 cc hingga FFA 2 tak sampai dengan 250 cc dan 4 tak sampai dengan 400 cc.

Drag Bike, papar BAMBANG, merupakan adu kecepatan motor dalam posisi lurus. Biasanya di Amerika, sirkuit yang dibutuhkan sepanjang 401 km. Sedangkan di Indonesia, karena di Indonesia sulit mencari sirkuit akhirnya cukup 201 km untuk jalur Drag Bike.

Di Surabaya sendiri, menurut BAMBANG, sirkuit yang digunakan di eks Bandara Juanda. ”Untuk kebutuhan jalurnya pada pemberankatan plus persiapan finish sepanjang 402 km. Diharapkan dengan Kejurnas ini, menjadi media efektif mengurangi anak-anak remaja dan umumnya yang suka kebut-kebutan di jalan. Ini bisa menjadi hobi tapi tidak perlu skill tinggi. Terpenting saat start bisa mengatasi motornya dengan baik,”ujar BAMBANG.

BAMBANG menambahkan Kejurnas Drag Bike Surabaya menjadi barometer kota lain karena terkenal dengan fair play dan bertujuan semata-mata sportivitas. (tin)

1 comments:

Unknown said...

jangan lupa pake jaket motor juga bro biar safety